Kue Cucur ala India Khususnya Etnic Kerala

Di Indonesia siapa yang tidak kenal dengan jajanan pasar yang satu ini. Di daerah kami kue “cucur” kami menyebutnya. Jajanan yang ciri khasnya ada rasa manis baik yang berasal dari bahan gula jawa atau juga bisa gula pasir ini sangat menarik dan diminati masyarakat di Indonesia. 

Kue cucur india

Kue cucur india


Nah ternyata di negara India terutama di bagian Kerala juga terdapat jajanan serupa. Entah kenapa, dan bagaimana sejarah pastinya, di daerah Kerala ini punya kemiripan – kemiripan dengan daerah Jawa di Indonesia.  Entah itu mengenai : jajanannya, kosakata bahasanya, budayanya dll punya kemiripan dengan daerah Jawa.


Selain kue cucur, di Kerala juga ada kue apem, putu, jenang​ merah, keripik singkong, keripik pisang, keripik nangka, pisang goreng dll. 

Dan anehnya mereka menyebut apem juga dengan sebutan yang sama dengan sebutan di Jawa, mereka juga memenyebutnya “apem” dalam bahasa mereka, begitu pula dengan kue putu tegal kalau di tempat kami menyebutnya, mereka juga menyebutnya “putu” dalam bahasa mereka.

Belum lagi kosakata – kosakata lainnya dimana mereka juga menggunakan dengan penulisan dan pengucapan yang sama persis dengan kita; misalnya : bumi, surya, perdana menteri dll. Adalagi nama Sundari di Indonesia,  kalau di Kerala kata itu bukan untuk sebuah nama, namun untuk kata sifat cantik. Misalnya wow cantiknya…maka mereka akan mengatakan, ” Wow sundari….”

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
WA +965.65.8363.99 navisdaftar FREEMEMBER