Gempa dan Tsunami Kembali Melanda Wilayah Jepang

Gempa dan Tsunami Kembali Melanda Wilayah Jepang

 

Beberapa hari sebelum ini juga dikabarkan telah terjadi beberapa gempa dan juga tsunami di beberapa wilayah, seperti yang terjadi di Busan Korsel, Selandia Baru, wilayah Malang Jawa Timur dan kini Jepang kembali diguncang gempa dan tsunami. Gempa bumi berkekuatan 7,4SR menghantam sisi Timur Laut Jepang dekat prefektur Fukushima dan telah memicu peringatan tsunami dengan prediksi ketinggian gelombang 1 hingga 3 meter. Menurut Japan Meteorological Agency, gempa tersebut terjadi pada hari Selasa pagi (22/11/2016) sekitar pukul 06.00 waktu setempat dengan kedalaman gempa diperkirakan sekitar 25 km.

 

gelombang tsunami

foto http://Republika Online gelombang tsunami

 

Tiga jam setelah gempa berkekuatan tinggi, tsunami setinggi 1,4 meter dilaporkan terlihat di Sendai, Prefektur Miyagi, Selasa pagi, 22 November 2016. Munculnya tsunami, juga dilaporkan pada empat titik lainnya, seperti di Pelabuhan Soma yang mencapai ketinggian 90 sentimeter.

Dikutip dari RT, lokasi lainnya adalah Ishinomaki Ayukawa dan Pelabuhan Kuji setinggi 80 sentimeter. Tsunami setinggi satu meter, juga dilaporkan terjadi pada pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daichi dan Daini. Otoritas memperingatkan, tsunami bisa mencapai ketinggian lebih dari tiga meter.

 

pusat gempa

pusat gempa

 

Menurut pihak kepolisian Jepang, ada 2 orang yang cedera akibat gempa tersebut. Laporan NHK News mengindikasi seorang wanita di Yabuki, Fukushima, cedera ketika lemari terjatuh menimpanya. Sementara seorang pria di kota Fukushima juga dilaporkan menderita cedera ringan, demikian laporan yang dilansir tim HargaTop via The Guardian (22/11/2016).

Badan Meteorologi Jepang memperbarui informasi gempa, merevisi kekuatan gempa menjadi 7,4 skala richter dari sebelumnya 7,3. Kedalaman gempa juga direvisi menjadi 25 kilometer.  Dua gempa susulan dilaporkan terjadi dengan kekuatan 4,9 dan 4,6 skala richter.

Gempa dilaporkan membuat penerbangan di Bandara Sendai dan Fukushima tertunda, tapi disebut belum ada masalah serius. Maskapai seperti Japan Airlines, bahkan memutuskan untuk membatalkan empat penerbangan.

 

akibat gempa

foto http://Republika Online akibat gempa

 

Sekitar setengah jam pasca gempa, gelombang tsunami pertama mencapai pesisir pantai di Iwaki-shi di Fukushima Prefecture. Hingga saat ini, gelombang tsunami terbesar dilaporkan mencapai tinggi 1,4 meter di Sendai, Miyagi Prefecture, pada pukul 08.03 waktu setempat, menurut JMA seperti dilansir via CNN.

Menurut kabar terakhir, peringatan tsunami untuk prefektur Fukushima dan Miyagi telah diturunkan dengan tingkat resiko lebih rendah. Masyarakat di area tersebut masih disarankan untuk menghindari lepas pantai. Peringatan tsunami telah dihapus sepenuhnya di beberapa wilayah pesisir : di pantai Pasifik dari prefektur Amori, daerah Kujukuri dan Sotobo dan daerah Uchibo dari prefektur Chiba dan pulau-pulau Izu.

 

 

sumber artikel :

  • http://dunia.news.viva.co.id/news/read/850611-tsunami-1-4-meter-terlihat-setelah-gempa-jepang
  • http://news.harga top.com/2016/11/22/berita-gempa-hari-ini-gempa-jepang-74sr-picu-peringatan-tsunami-di-fukushima/4133546.html

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
WA +965.65.8363.99 navisdaftar FREEMEMBER