Wilayah Padang Pasir lagi Musim Dingin

Dulu waktu masih tinggal di Indonesia, kalau kita bicara wilayah padang pasir pasti yang terpikir di benak kita adalah cuacanya yang panas menyengat, pemandangan yang gersang dsb. Namun setelah bertahun – tahun tinggal di negara Kuwait, baru tahu kalau selain musim panas, di wilayah timur tengah yang banyak terdapat padang pasir ini ternyata juga mengalami musim dingin seperti di eropa dll.

Suhu wilayah Al - Ray Kuwait

Suhu wilayah Al – Ray Kuwait

Makanya saat kita belajar fiqih di sekolah diniyah kita belajar tentang bagaimana bersuci saat musim dingin ketika kita mengenakan khuffain atau sepatu musim dingin.

Ternyata saat musim dingin di jazirah arab suhunya juga bisa sampai 5°C dibawah nol lho terutama di padang pasirnya. Namun hari ini suhu 5°C aja kita sudah merasa kedingin saat pergi bekerja. Di saat suhu segini, kalau kita bernafas atau berbicara maka akan tampak asap dari mulut dan hidung kita, menyerupai orang yang lagi menghisap rokok. Nah saat seperti itulah bener – bener dingin kita rasakan sampai ke tulang – tulang kita.

Jadi buat temen – temen yang masih di Indonesia yang mungkin sebentar lagi mau datang ke Kuwait, jangan lupa siapin jaket tebal, kaos kaki tebal, sarung tangan serta penutup kepala untuk mengantisipasi cuaca ekstrim di Kuwait.

EMS uniform for winter

EMS uniform for winter

Di Kuwait sendiri penduduknya selain selalu memakai baju tebal juga membuat tungku – tungku api atau menyalakan heater di rumag masing – masing.

Bakso Beranak ada low di Timur Tengah jangan salah…

Di zaman kekinian ini apa – apa harus mengikuti kemajuan era now, demikian pula jajanan yang dulunya identik dengan bola pingpong atau bola tenis ini, sekarang sudah dengan sedemikian maraknya berinovasi, contohnya “bakso beranak” ini.

B.akso beranak

B.akso beranak

Kenapa dikatakan bakso beranak, karena di dalam bakso segede bola mainan anak – anak ini kalau kita belah ternyata masih terdapat bakso – bakso lagi dengan ukuran mini, belum lagi ditemani dengan daging cincang, kikil cincang dll…. wow tambah asik dech menyantap hidangan ini. Apalagi kalau ditambah lagi dengan sediaan di wadah lain berupa perpaduan : sambal, kecap ama saus tomat kita campur, habis gitu cara makan baksonya kita colek dulu ke campuran 3 hal tersebut, baru dimasukin mulut… wow wow wow… cara makan bakso kekinian banget dech… silakan dicoba… lezatnyooo…!

Di Timur Tengah khususnya di Kuwait bakso beranak sangat digemari, apalagi dengan ditambah lontong pas banget buat makan siang… langsung kenyang banget dech. Tentu udah pada tahu kan dimana aja yang jual bakso beranak di Kuwait, salah satunya di warung punya mbak Lina Farwaniya. Alamatnya gampang kok, pertigaan depan EUREKA masuk aja, ntar ketemu ama masjid kiri jalan, nah warungnya sebelah masjid pas… gampang kan nyari tempatnya…

Selain bakso beranak juga tersedia : bakso granat, bakso biasa, mie ayam bakso dll

Jadi kalau ada yang bilang di Timur Tengah ga ada makanan Indonesia, itu mustahil banget, di Kuwait ini apa aja ada kok… Jadi jangan khawatir dengan bayangan kalau di negara gurun pasir di zaman kekinian ini hanya ada kurma ama roti gandum saja haha… Hari ini hampir semua makanan yang enak – enak dari seluruh penjuru dunia ada low di Kuwait. Makanya jangan takut untuk datang  ke Kuwait, karena ga perlu khawatir entar jadi kangen ama masakan di kampung hehe.

Berkah Hari Jum’at ini dari Ooredoo Kuwait 

Hari ini Jum’at, 05 Januari 2018 merupakan hari yang penuh berkah, pasalnya hari ini ada promo dari salah satu perusahaan telekomunikasi di Kuwait. Ooredoo spesial untuk hari ini mengadakan promo FUND FRIDAY . 

Fund friday

Fund friday

Nah bagi pengguna ooredoo hari ini silakan cek sms masing-masing, adakah sms dari ooredoo seperti screen shot  berikut.

Nah bagi yang dapat sms seperti tsb diatas, maka berbahagialah karena dengan hanya biaya 1kd anda akan mendapatkan masa aktif 60 hari….

Caranya mudah sekali, klik dan download link yang ada di sms…
Setelah di instal kemudian langsung buka. Setelah terbuka seperti ini, kemudian klik sesui tanda panah.

Lanjutkan klik lagi panah sesuai pada gambar.

Kemudian klik available packs. 

Setelah tampak promo get 60 days for 1kd only, klik subscribe. 

Udah beres deh…

Ini masa aktif saya sebelum subscribe.

Yang ini setelah subscribe, mayan kan masa aktif hingga bulan Maret 2018.

Masih untung kok meskipun pulsa kita diambil 1kd, namun masa aktifnya ditambah 2 bulan. Padahal normalnya pulsa senilai 1kd masa aktif cuma 7 hari doang kan normalnya… Jum’at yang penuh berkah bener hari ini yaw…!

Aktifitas Pagi Perawat RS di Negara Kuwait Menjelang Tugas…

Di pagi hari sebelum melaksanakan tugas di tempat kerja masing – masing, seperti biasa para perawat yang sangat identik dengan seragamnya yang serba putih ini melakukan rutinitasnya. 

Untuk diketahui, di negara minyak ini para perawat diberikan akomodasi seperti : apartment gratis serta transportasi gratis dari apartment ke rumah sakit masing – masing.

Siap bertugas memasuki bis transportasi menuju RS masing2

Siap bertugas memasuki bis transportasi menuju RS masing2

Transportasi buat yang bekerja di rumah sakit biasanya bis, mengingat banyaknya jumlah perawat yang bekerja di rumah sakit tersebut. Namun khusus buat perawat – perawat yang bekerja di klinik atau kalau di Indonesia semacam bekerja di puskesmas, karena jumlahnya sedikit, maka transportasinya malah memakai sedan, malah lebih nyaman bukan?

Nah khusus perawat yang bekerja di bagian Departemen Ambulance atau lebih dikenal dengan sebutan Departemen Emergency Medical Services  (EMS) maka seragam kami tidak putih – putih sebagaimana perawat yang lainnya hehe…

Siap melaju menuju markas ambulance

Siap melaju menuju markas ambulance

Namun demikian ada pula beberapa orang yang memilih memakai kendaraan pribadi untuk berangkat menuju ke tempat kerja, semua tergantung selera masing – masing.

Sesampainya di tempat kerja, siap menjalankan tugas untuk hari ini. Kebetulan tempat kerja saya adalah bagian ambulance… Seperti biasa, sebelum memulai pergi ke pasien, semua ambulance dicek dulu : mesin, bodi ambulance serta kelengkapan peralatan medis di dalam mobil ambulance harus dilengkapi dulu.

Matthew Abraham

Matthew Abraham

Ini adalah teman saya bernama Matthew Abraham berasal dari negara India bagian Kerala… Sedang mengecek ambulance-nya pagi ini…

Wow Ternyata Buah dan Sayur Tropis juga Terdapat di Negara Gurun seperti Kuwait 

Diketahui bersama bahwa bahwa dahulu kala buah dan sayur yang biasa terdapat di negara gurun nan gersang seperti negara Kuwait hanya terbatas sekali misalnya : kurma, buah delima, zaitun dll

Kurma memang sebuah tanaman yang paling tahan di segala iklim, makanya bertahan sejak dahulu kala di daerah gersang ini.

Perlu diketahui bahwa tanaman kurma ini tanaman musiman yang hanya berbuah setahun sekali serempak di seluruh daerah sub tropis ini.

Jadi saat kita jumpai buah kurma lagi berwarna hijau, maka semua pohon kurma buahnya hijau semua. Hal ini biasanya terjadi sekitar bulan Juni – Juli saja. Konon kurma yang masih muda warna hijau ini dipercaya bisa meningkatkan kesuburan kaum hawa. Nah bagi yang ingin mendapatkan kurma warna hijau silakan cari di bulan Juni – Juli aja setiap tahunnya yaw.

Begitu pula saat mulai warnanya berubah menguning atau setengah matang atau dikenal dengan istilah rutop maka semua pohon kurma buahnya lagi berupa rutop semua. Hal ini terjadi sekitar bulan Agustus – September. Maka kalau ada yang mencari kurma warna hijau di bulan Agustus – September sudah susah ditemukan.

Setelah berwarna kuning maka tibalah saatnya kurma mulai masak dengan ciri khas berwarna kecoklatan seperti gula jawa. Hal ini terjadi di bulan Oktober – November. Saat bulan Oktober – November ini kalau ada yang mau mencari kurma rutop apalagi kurma hijau sangat mustahil didapatkan karena semua kurma sudah berubah warna menjadi kecoklatan karena telah masak dan musim panen raya.

Kurma berupa warna coklat inilah yang awet tidak bisa busuk sampai dengan beberapa tahun ke depan. Sehingga kurma warna inilah yang selalu tersedia di sepanjang tahun, yang banyak kita jumpai di toko – toko, rumah – rumah penduduk Timur Tengah sampai ke pelosok dunia.

Wow hari ini buah dan sayuran yang dulunya sulit ditemui di negara gersang ini siapa sangka sekarang banyak kita jumpai, seperti : jambu biji, jambu air, durian, rambutan, duku, manggis, pete, kedelai segar, kedelai kering, tahu, tempe dll

Dulu ketika zaman Siti Mariyam sangat jauh di akal gimana bisa ada makanan – makanan dari luar jazirah arab bisa ada di bilik Siti Mariyam setiap hari berganti – ganti buah dan sayur yang bukan musimnya juga tersedia di bilik Siti Mariyam sebagai anugerah Allah SWT kepada perawan suci Siti Mariyam, yang kemudian di anugerahi seorang putera yang kemudiam dikenal sebagai Nabi Isa AS.

Kedelai yang masih hijau bisa didapatkan di koperasi – koperasi seluruh Kuwait. Kalau kedelai kering bisa didapatkan di Lulu Hypermarket, Gulfmart atau Grand Hypermarket. 

Enaknya kedelai rebus yang masih hangat kini bisa kita temui di negara Kuwait. Jadi bagi penduduk Kuwait yang berasal dari Indonesia utamanya kini kerinduan akan ibu pertiwi bisa sedikit terobati dengan tersedianya makanan – makanan, buah dan sayur asal negara tropis seperti Indonesia dan sekitarnya.

Saat ini penduduk Arab baru bisa merasakan nikmatnya buah dan sayur dari luar jazirah arab, misalnya buah dan sayuran dari daerah tropis yang sangat lezat – lezat ini. Dengan kecepatan jasa kargo yang dilengkapi peti kemas bersuhu yang tepat sehingga bisa mengantarkan hasil – hasil pertanian dari seluruh dunia untuk memasuki wilayah arab.